Memahami Segitiga Exposure pada kamera dslr | apakah penting? - aceh-universe
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Segitiga Exposure pada kamera dslr | apakah penting?


Apa itu Segitiga Exposure?

Segitiga Exposure ialah sebutan untuk elmen dasar pada Exposure yang meliputi Iso, Shutter Speed dan Aperature, ketiga elmen tersebut merupakan elmen penting dalam dunia fotografi. karena pada dasarnya fotografi ialah kegiatan menangkap cahaya yang masuk melalui senosr kamera. 
Cahaya yang masuk ke dalam sensor akan diolah dan dijadikan sebuah gambar. jika cahaya yang masuk sedikit maka gambar akan terlihat gelap, dan jika cahaya yang masuk terlalu banyak maka gambar akan mengalami overexposure (kelebihan cahaya). 

ISO

Iso adalah ukuran sensivitas cahaya terhadap sensor kamera, setiap kamera memiliki iso terendah yang berbeda ada yang 50, 100 dll tergantung jenis kamera dan fitur kamera tersebut. Jika Iso rendah maka cahaya yang ditangkap hanya sedikit dan jika Iso tinggi maka cahaya yang ditangkap akan banyak, 


SHUTTER SPEED

Shutter speed ialah kecepatan buka tutup jendela sensor kamera atau seberapa lama sensor kamera dalam menangkap cahaya yang masuk. Kecepatan shutter spped diukur dalam satuan detik, semakin cepat shutter speed maka semakin cepat pula sensor dalam menangkap cahaya, begitupula sebaliknya.

Contoh : Shutter speed 1/10s lebih lambat 5kali dari shutter speed 1/100s

APERATURE

Apa itu aperature? aperature ialah bukaan diafragma yang terdapat pada kamera, yang diukur dengan f-number.
Aperature ini terbilang unik dalam penamaannya karena semakin besar nilai aperature maka diafragma atau bukaan pada lensa semakin kecil, begitupula sebaliknya. Jika bukaan lensa besar (f-number kecil) maka akan ada cahaya masuk yang banyak.

Contoh : Aperature f/1.8 memiliki bukaan lensa yang besar dibandingkan f/2.8 


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Segitiga Exposure diharapkan teman-teman mencobanya sendiri, karena dengan mencobanya dapat membuat teman-teman dalam memahami lebih jelas.

Post a Comment for "Memahami Segitiga Exposure pada kamera dslr | apakah penting?"